PEMELIHARAAN AC MOBIL MUSIM PANAS

PEMELIHARAAN AC MOBIL DI WAKTU MUSIM PANAS ATAU KEMARAU

Pada saat hari yang panas dan atau musim kemarau, ada beberapa hal yang membuat frustrasi pada saat berkendaraan di dalam ruang kabin mobil dengan sistem ac pendingin yang tidak berjalan normal. Jika sistem pendingin udara AC MOBIL Anda hanya mengeluarkan udara panas di hari-hari yang panas, itu mungkin karena kinerja yang tidak normal pada ac kendaraan , dan kemungkinan penyebabnya adalah adanya kebocoran di suatu tempat di komponen ac kendaraan yang tidak diketahui.

Mari kita lihat lebih dekat apa yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan udara hangat danapa  sistem ac mobil mungkin sudah perlu diisi ulang freonnya.

Mengisi ulang freon pada AC Mobil Anda Tidak Diperlukan

Meskipun banyak pemilik mobil berpikir bahwa mereka perlu mengisi ulang sistem pendingin ac mobil mereka dengan freon / refrigeran secara reguler atau tahunan, sebetulnya bukan itu masalahnya. Sistem AC kendaraan adalah merupakan sistem tertutup, dan jika tidak ada masalah buntu yang mengakibatkan kebocoran maka isi freon tidak akan habis maupun berkurang. Jika AC mobil Anda tidak memerlukan perbaikan, makan tidak perlu mengisi ulang freon ac kendaraan. Jika AC berhenti bekerja namun kipas angin terus meniup udara panas, maka kemungkinan ada kebocoran di selang, konektor atau bagian lain dari sistem komponen ac mobil mungkin itu adalah penyebabnya.

Selama musim hujan, Anda mungkin memperhatikan bahwa ac yang bertiup didepan kaca kendaraan tidak membersihkan kaca depan berembun; Itu juga pertanda bahwa ac mobil anda memiliki kebocoran. Kebanyakan adanya AC bisa untuk menghilangkan embun di kaca. Masalah dengan AC mobil Anda juga bisa menandakan kompresor pada masalah kondensor yang memerlukan perbaikan profesional seorang montir yang ahli. AC kendaraan adalah suatu sistem yang kompleks, dan ada banyak hal yang bisa tidak normal. Hal ini terutama berlaku untuk AC di kendaraan yang berumur sudah  tua.

Jika ada kebocoran di selang atau di tempat lain yang tidak kita ketahui di AC, sistem pada kendaraan yang sudah canggih pasti sudah dirancang untuk mematikan secara otomatis begitu tingkat zat pendingin freon turun sampai tingkat tertentu untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada kompresor AC. Kompresor menekan zat pendingin freon dan membuatnya tetap mengalir ke seluruh sistem. Bila tidak ada cukup zat pendingin freon di AC, akan mengakibatkan kerusakan kompresor ac mobil yang serius bisa terjadi. Secara umum, perbaikan kompresor biayanya cukup mahal dan hal terbaik adalah untuk menghindari kerusakan yang parah.

Kapan waktunya menambahkan atau mengganti freon ac mobil ? Jawabannya adalah seringlah melakukan perawatan ac secara rutin berkala pada mekanik ac yang berpengalaman, sehingga menyelesaikannya sebelum mengalami masalah kerusakan yang lebih parah dan mahal ongkosnya.

Leave a Reply